Tips Bermanfaat untuk Karyawan/Pegawai Baru

Menjadi karyawan/pegawai baru dengan cara melamar atau mutasi di tempat yang diharapkan memberikan kebanggaan tersendiri. Tapi perlu diingat, euforia yang dirasakan pada saat awal bekerja bisa berubah menjadi keluhan pada masa-masa berikutnya kalau tidak hati-hati dalam bertindak dan berperilaku sebagai karyawan/pegawai baru.

Jangan sampai harapan untuk dapat menikmati pekerjaan berubah menjadi beban. Berikut ini adalah beberapa tips berguna yang dapat diterapkan oleh karyawan/pegawai yang baru bekerja atau baru mendapat mutasi agar dapat menikmati pekerjaan di kemudian hari.

Berpenampilan rapi, bersih, dan wajar

Pada saat pertama kali bekerja, pakailah pakaian kerja yang wajar. Jangan pamer dan berpenampilan mencolok.

Perkenalkan diri kepada rekan-rekan kerja

Memperkenalkan diri penting dilakukan ketika memasuki sebuah komunitas baru. Tidak perlu terlalu mendetail ketika memperkenalkan diri. Cukup memperkenalkan nama, tempat tinggal, tempat kerja/kuliah/sekolah sebelumnya, dan bidang kerja sekarang. Untuk hal-hal lainnya bisa disampaikan pada saat ada kesempatan berkomunikasi dengan rekan kerja secara santai dan personal.

Jangan pernah menawarkan bantuan pada rekan kerja

Manusia itu makhluk sosial dan harus saling tolong-menolong. Bukan berarti Anda harus melupakan urusan dan tanggung jawab Anda sendiri untuk menolong orang lain. Ingat bahwa masing-masing karyawan/pegawai memiliki tugas pekerjaan, begitu juga dengan Anda.

Kata kunci "ada yang bisa saya bantu?" sangat berguna bagi klien, tapi tidak bagi rekan kerja. Sebagai karyawan junior, kata tersebut sangat berbahaya. Bisa jadi, karyawan senior memanfaatkan keluguan Anda sebagai karyawan junior dan dengan senang hati melimpahkan sebagian tugas pekerjaannya kepada Anda.

Bersikap wajar kepada pimpinan

Perlu diingat bahwa pimpinan memiliki kedudukan yang sama dengan Anda yaitu karyawan/pegawai. Jangan terlalu mendewakan pimpinan walaupun beliau memiliki kebijakan yang mungkin akan merugikan Anda. Pimpinan juga bisa salah. Pada saat tersebut Anda harus berani mengingatkan dan memberi tahu kesalahan yang diperbuat pimpinan.

Datang dan pulang tepat waktu

Kebiasaan tepat waktu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai karyawan/pegawai. Datang tepat waktu berguna agar Anda dapat segera menyelesaikan pekerjaan sehingga waktu pulang Anda tidak terganggu dan Anda dapat pulang tepat waktu.

Oleh Opan
Dipostkan August 30, 2015
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.