Pembelajaran di Bimbingan Belajar Berbeda dengan Sekolah Formal

Sejak tahun 2003 (KBK) pendidikan di Indonesia menerapkan evaluasi yang mencakup 3 hal, yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), dan sikap (afektif). Hingga kurikulum terbaru saat ini evaluasi mengenai tiga hal tersebut masih diberlakukan. Pembelajaran pun disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang harus dimiliki siswa Indonesia saat ini.

Bagaimana dengan pembelajaran di bimbingan belajar? Apakah sama dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah formal?

Bimbingan belajar lebih mengutamakan satu aspek, yaitu pengetahuan atau kognitif. Metode pembelajaran difokuskan pada Kompetensi Inti Ketiga (pada kurikulum 2013 atau kurikulum nasional). Untuk sikap dan keterampilan siswa bisa mengembangkannya sendiri selama proses pembelajaran di sekolah.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran paling dominan yang diterapkan di bimbingan belajar adalah ceramah atau ekspositori dengan mengedepankan interaksi aktif antara pengajar dan siswa. Hal ini dilakukan mengingat durasi yang tersedia untuk melakukan kegiatan belajar terbatas maksimal hanya 90 menit untuk dalam satu pertemuan untuk satu mata pelajaran. Berbeda dengan di sekolah yang memiliki waktu lebih leluasa sehingga dapat digunakan untuk menerapkan berbagai metode, model, dan pendekatan pembelajaran.

Materi Pelajaran

Pembahasan materi pelajaran di bimbel dibuat seringkas mungkin, baik secara lisan atau pun di buku panduan belajar / modul yang disediakan. Tujuannya agar siswa dapat memahami materi pelajaran seefektif mungkin. Bahkan dalam membahas penyelesaian soal, beberapa lembaga bimbel menerapkan cara menjawab cepat dan tepat. Salah satu keunikan yang ditonjolkan oleh sebuah bimbel adalah koleksi rumus yang dimiliki untuk digunakan siswa agar memahami materi pelajaran dengan cepat dan menyelesaikan soal juga secara cepat.

Oleh Opan
Dibuat 16/09/2016
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.