Mengenal Jenis Media Transaksi Online

Jaman sekarang beberapa urusan kehidupan sehari-hari bisa dilakukan di dua dunia. Dunia nyata dan dunia maya. Mau ngobrol, selain ketemu langsung bisa lewat chatting. Mau bikin album, tanpa repot-repost ngeprint, bisa pake facebook. Mau baca-baca, tanpa harus beli koran/majalah/buku, bisa baca e-book. Masih banyak lagi urusan lain yang bisa di-online-kan. Pembelajaran pun kini tidak hanya bisa dilakukan melalui tatap muka, tapi juga bisa melalui website, aplikasi interaktif, youtube, dan sebagainya. Sebagai contoh, salah satu website yang bisa dijadikan sumber pembelajaran adalah website ini. Satu hal lagi urusan manusia yang tidak akan pernah punah, yaitu jual-beli. Kini tidak hanya dilakukan di pasar atau mall. Transaksi jual-beli bisa juga dilakukan di dunia maya. Transaksi jual-beli di dunia maya dikenal dengan istilah e-commerce.

E-commerce merupakan moda transaksi jual-beli baik barang atau jasa yang dilakukan tanpa perlu tatap muka, tapi melalui media seperti telepon, email, chat, website, dan sebagainya. Media yang digunakan untuk bertransaksi online beragam jenisnya. Berbisnis online tidak hanya bisa dilakukan oleh pemilik modal yang mampu membuat website toko online. Bagi yang tidak memiliki toko online sekali pun, tetap bisa berjualan secara online. Sekarang banyak bermunculan website yang memberikan jasa untuk mempertemukan penjual dan pembeli disebut sebagai marketplace.

Jejaring Sosial

Jejaring sosial merupakan media pemasaran yang cukup potensial bagi beberapa penggunanya. Selain gratis, produk yang dipasarkan melalui jejaring sosial dapat langsung dilihat oleh para followers atau friend. Namun perlu diperhatikan jika menggunakan jejaring sosial sebagai media untuk bertransaksi online. Jangan terlalu masive dalam melakukan promosi karena jika followers atau friend kita merasa terganggu bisa jadi bukan malah berdampak positif tetapi malah ditinggalkan atau bahkan direport sebagai spam.

Chat dan Group Chat

Media ini mirip dengan jejaring sosial tetapi lebih bersifat pribadi karena pesan yang disampaikan hanya dapat dilihat oleh kalangan terbatas saja (kontak atau anggota group). Pemasaran dengan cara ini memiliki keterbatasan karena orang tidak bebas melihat pesan yang kita kirimkan. Oleh karenanya, media ini sebaiknya tidak terlalu diandalkan agar produk yang kita pasarkan dapat dikenal secara umum dan lebih luas. Ingat juga ya, jangan sering-sering promosi melalui ini apalagi sampai nge-broadcast tiap hari. Bisa-bisa Kamu di delcon atau dihapus dari keanggotaan group.

Blog Gratis

Masih merupakan media gratisan yang cukup bisa diandalkan dibanding dua media sebelumnya. Produk yang dipasarkan melalui blog memiliki kesempatan dilihat oleh lebih banyak calon pembeli karena bersifat terbuka. Setiap orang bisa mengaksesnya. Apalagi kalau blog yang digunakan untuk berjualan online dioptimasi agar dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin pencarian. Istilah kerennya mah SEO. Dijamin kalau benar-benar matang mengelolanya, produk yang dipasarkan melalui blog bisa laku keras. Apalagi kalau produknya banyak dibutuhkan orang sepanjang masa (tidak terikat musim dan trend). Tetapi untuk mencapai kesuksesan bisnis online melalui blog perlu waktu yang tidak sebentar. Waktu tersebut digunakan untuk membangun kepercayaan dari calon konsumen melalui konsumen sebelumnya. Selalu minta konsumen yang merasa puas untuk meninggalkan komentar sebagai testimoni positif agar calon konsumen yang melihat merasa aman untuk membeli produk yang ditawarkan.

Layanan blog gratis yang bisa digunakan untuk berbisnis online adalah blogger / blogspot. Tidak perlu membayar untuk meletakan produk di layanan ini. Tapi agar mendapat kepercayaan lebih, sebaiknya dilakukan custom domain terhadap blognya menjadi top level domain.

Kelemahan jika melakukan pemasaran melalui blog (gratis) adalah tidak adanya fitur proses transaksi secara langsung melalui halaman web. Pembeli tetap harus memesan melalui media berikutnya (SMS, telepon, chat, email, dan sebagainya).

Website E-commerce

Dengan munculnya era e-commerce, pembuatan toko online menjadi lebih mudah. Banyak CMS yang menyediakan perangkat lunak berbasis website untuk keperluan e-commerce. Berjualan melalui website berbasis e-commerce memerlukan modal tambahan. Setidaknya untuk biaya domain dan hosting. Kelebihan memasarkan produk melalui website e-commerce adalah memudahkan pembeli dalam bertransaksi dengan fitur yang telah disediakan seperti cart, checkout, dan sebagainya. Pembeli tidak perlu berkomunikasi secara langsung dengan penjual melalui media selain website. Kelemahannya adalah, beratnya mengelola website dengan fitur yang berjibun. Selain itu, harus bisa melawan persaingan yang begitu ketat. Oleh karena itu, biasanya media transaksi melalui website tidak dikelola secara personal. Tetapi melibatkan sebuah tim yang bertanggung jawab dalam berbagai bidang seperti design, perangkat lunak, customer service, SEO, dan sebagainya.

Contoh penggunaan website sebagai media transaksi online yang cukup efektif adalah untuk pemasaran produk jasa seperti domain dan hosting. Melalui fitur-fitur yang disediakan pembeli bisa melakukan pemesanan, menyampaikan keluhan, melakukan upgrade/downgrade, dan sebagainya. Dengan sistem seperti ini, proses transaksi tidak hanya untuk sekali saja tapi bisa digunakan untuk proses yang berkelanjutan serta berkesinambungan.

Website Forum

Website forum sebagai media transaksi online yang pertama saya kenal adalah forum jual-beli kaskus. Penjual cukup membuat post mengenai informasi produk yang ingin dijual berupa foto, spesifikasi, harga, dan sebagainya. Berikutnya adalah menunggu tanggapan dari pengunjung yang berminat untuk membeli produk yang ditawarkan. Setelah deal, penjual dan pembeli melakukan komunikasi secara personal untuk menindaklanjuti transaksi. Apakah mau ketemu langsung atau melalui jasa pengiriman paket.

Website Media Periklanan

Contoh website yang menyediakan tempat beriklan antara lain tokobagus.com dan berniaga (sekarang keduanya menjadi olx.co.id). Website tersebut menyediakan space untuk pemasaran / promosi produk baik secara gratis atau pun berbayar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh penjual yang ingin memasarkan produknya tanpa perlu memiliki website sebagai toko online sendiri serta dapat dimanfaatkan oleh pembeli yang mencari produk yang dibutuhkan.

Website Marketplace

Jenis media transaksi online yang satu ini merupakan jenis media yang saat ini banyak digunakan baik oleh pemilik produk, reseller, dan pembeli. Alasannya karena website berjenis marketplace memiliki fitur yang lengkap untuk digunakan sebagai media berbisnis online serta diklaim sebagai sistem yang aman. Contoh media transaksi online jenis ini adalah tokopedia, bukalapak, lazada, mataharimall, dan sebagainya. Penjual bisa membuat toko setelah mendaftar dan memiliki akun. Penjual bisa menambahkan produk sendiri, menambahkan gambar produk, menambahkan spesifikasi, mengatur harga, serta menambah informasi lainnya terkait produk yang dijual.

Sistem pembayaran yang diberlakukan adalah rekening bersama (rekber) atau escrow. Pembeli melakukan pembayaran tidak langsung ke penjual tetapi ke nomor rekening milik marketplace. Penjual akan mendapat pemberitahuan ketika ada yang memesan produknya dan melakukan pembayaran. Penjual baru akan menerima pembayaran ketika barang yang dipesan sampai di tangan pembeli. Dibuktikan dengan konfirmasi dari pembeli. Sistem seperti inilah yang membuat banyak pelaku bisnis online menggunakan media transaksi jenis ini.

Perangkat Lunak

Jenis media transaksi online melalui aplikasi contohnya digunakan oleh traveloka, gojek, tokopedia (app), berniaga (app), dan sebagainya. Sistem yang digunakan adalah SaaS (software as a service atau perangkat lunak sebagai layanan). Perangkat lunak terhubung langsung dengan database dan dapat digunakan sebagai sarana transaksi serta komunikasi. Jenis media transaksi seperti ini sangat memudahkan pengguna karena mobilitasnya yang tinggi. Bahkan jika kita sering menggunakannya, kita bisa melakukan deposit agar pada saat melakukan transaksi tidak perlu lagi terhambat waktu akibat proses transfer serta verifikasi.

Oleh Opan
Diperbarui 20/11/2016
Dibuat 26/03/2012
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.