Asas Utama dan Prinsip Pembelajaran Quantum

Asas utama dari pembelajaran quantum adalah (DePorter, 2003):

Bawalah dunia Mereka ke dunia Kita, dan antarkan dunia Kita ke dunia Mereka.

Prinsip-Prinsip Pembelajaran Quantum
Berikut ini adalah prinsip-prinsip pembelajaran quantum (DePorter, 2003):

1. Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh Anda, dari kertas yang Anda bagikan hingga rancangan pelajaran Anda; semuanya mengirimkan pesan tentang belajar.

2. Segalanya Bertujuan
Semua yang terjadi dalam penggubahan Anda mempunyai tujuan.

3. Pengalaman Sebelum Pemberian Nama
Otak Kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakan rasa ingin tahu. Oleh karena itu, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.

4. Akui Setiap Usaha
Belajar mengandung resiko. Belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan. Pada saat siswa mengambil langkah ini, mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.

5. Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan
Perayaan adalah sarapa pelajar juara. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.

Sumber
DePorter, B. (2003). Quantum Teaching, Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Oleh Opan
Dibuat 31/10/2012
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.